Pair GBPJPY dan GBPUSD sesi Asia 17 Juni 2009

analisagbpjpy17juni09_sesiasia1

analisagbpjpy17juni09_sesiasia1

Pagi ini saya coba analisa dua pair yaitu pair GBPJPY dan GBPUSD, saya analisa pada sesi Asia, pkl.10.00WIB. Kali ini saya bermain intraday lagi, dua-duanya. Pair GBPJPY membentuk formasi segitiga simetris, selain itu pada hari ini terbentuk pola double bottom, bahkan triple (tiga) lembah dimana lembah kedua mempunyai dasar lembah yang lebih tinggi dari lembah pertama, dan lembah ketiga mempunyai dasar lembah yang lebih tinggi dari lembah kedua dan sebelumnya. Hal ini mengindikasikan bahwa penjual tidak mampu mendorong harga lebih jauh ke bawah, sebaliknya para pembeli seperti menemukan dukungan untuk mendobrak pergerakan ke atas. Melihat situasi ini, saya membuat batas neckline atau batas breakout pada level harga tertinggi yang terjadi pada hari ini. Ternyata garis breakout saya tepat segaris dengan indikator batas trend yang saya miliki di pair GBPJPY ini (garis warna pink, putus-putus tengahnya). Saya tinggal menunggu harga menembus batas itu dan setelah menembus, dan semua indikator saya mendukung untuk mengambil posisi buy. Saya segera login ke account marketiva saya dan melakukan transaksi buy. Seperti biasanya, untuk pair ini saya target kerugian 100pips dan target keuntungan 100pips.

analisagbpusd17juni09_sesiasia

analisagbpusd17juni09_sesiasia

Sementara pada pair GBPUSD saya melihat pada sesi Asia ini mempunyai formasi yang sama yaitu segitiga simetris, terjadi triple bottom juga, tapi agak berbeda dengan gbpjpy, pada pair ini bottom yang kedua mempunyai dasar lembah yang sama dengan bottom pertama, baru bottom yang ketiga mempunyai dasar lembah yang jauh lebih tinggi dari dasar lembah sebelumnya. Saya menangkap indikasi ini, dan saya membuat garis breakout pada level harga tertinggi yang terbentuk pada hari ini. Semua indikator saya menginformasikan hal yang serupa.

trading17juni09_open

trading17juni09_open

Setelah terjadi breakout sayapun mengambil posisi buy dengan perbandingan stopploss 100pips dan target point juga 100pips. Soal target seperti yang saya lakukan kemarin tgl 15juni09, stopploss difungsikan sebagai trailling stop atau saya closed secara manual, karena hari in saya bermain pada time frame 15menit.

trading17juni09_closed

trading17juni09_closed

Pada sesi eropa saya lihat kedua posisi saya dalam kondisi profit, saya melihat ada tekanan ada pada area resistent. Saya memutuskan untuk menutup semua posisi saya dan sayapun bisa beristirahat tanpa harus memantau posisi trading saya lagi.